Visi & Misi

VISI

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, maka visi dan misi mengacu pada visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sleman, Visi tersebut adalah :

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT SLEMAN YANG LEBIH SEJAHTERA, MANDIRI, BERBUDAYA DAN TERINTEGRASIKANNYA SISTEM E-GOVERNMENT MENUJU SMART REGENCY PADA TAHUN 2021”.

Penjelasan visi:
a. Sejahtera : Suatu keadaan dimana masyarakat terpenuhinya kebutuhan dasarnya, baik kebutuhan lahir maupun batin, secara merata. Beberapa indikator untuk mengukur pencapaian sejahtera adalah Indeks Pembangunan Manusia, menurunnya ketimpangan ekonomi, menurunnya angka kemiskinan, meningkatnya kualitas lingkungan hidup dan pertumbuhan ekonomi.
b. Mandiri : Suatu keadaan dimana Pemerintah Kabupaten Sleman memiliki kemampuan endayagunakan potensi lokal dan sumber daya yang ada serta memiliki ketahanan terhadap dinamika yang berlangsung. Beberapa indikator untuk mengukur pencapaian kemandirian adalah meningkatnya daya saing daerah, meningkatnya kontribusi sektor lokal ekonomi daerah.
c. Berbudaya : Suatu keadaan dimana didalam masyarakat tertanam dan terbina nilai nilai tatanan dan norma yang luhur tanpa meninggalkan warisan budaya dan seni. Beberapa indikator yang dapat mencerminkan sikap berbudaya masyarakat adalah meningkatnya kenyamanan dan ketertiban, kemampuan mitigasi masyarakat terhadap bencana, penanaman nilai nilai karakter, meningkatnya
kerukunan masyarakat, meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap budaya, serta perempuan dan anak yang semakin terlindungi.
d. Terintegrasikannya Sistem E-Goverment menuju smart Regency : Terintegrasikannya sistem e-Govt menuju smart regency, bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diperlukan sistem pelayanan yang lebih baik yang merupakan paduan sistem regulasi, kebijakan, sikap dan perilaku, yang didukung dengan teknologi informasi yang modern yang mampu memberikan respon dan efektivitas yang tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dalam rangka menuju Smart Regency.

MISI

Guna mewujudkan komitmen terhadap pencapaian Visi maka dirumuskan Misi Kecamatan Prambanan adalah sebagai berikut:

  1. Misi 1 : Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas birokrasi yang responsif dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat .
  2. Misi 3 : Meningkatkan penguatan sistem ekonomi kerakyatan , aksesibilitas dan kemampuan ekonomi rakyat , dan penanggulangan kemiskinan.
  3. Misi 4 : Memantapkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan prasarana dan sarana, sumber daya alam, penataan ruang dan lingkungan hidup.
  4. Misi 5 : Meningkatkan kualitas budaya masyarakat dan kesetaraan gender yang proposional.