Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Sleman Nomor 451/01327 tanggal 3 Juni 2020 perihal Panduan Permohonan Surat Keterangan Rumah lbadah yang Aman COVID-19 di Masa Pandemi, maka dalam rangka fungsionalisasi rumah ibadah pada masa pandemi, kami minta kepada Pengurus Rumah lbadah se-Kabupaten Sleman untuk  mengajukan permohonan surat keterangan. Surat Keterangan secara berjenjang  diajukan melalui Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tingkat Kecamatan, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pengurus rumah  ibadah  mengajukan   surat   permohonan   dilampiri surat pernyataan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020, pada huruf E angka 4, 5, dan 6 (lampiran 1);
  2. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tingkat Kecamatan menerbitkan surat keterangan (lampiran 2) , dengan ketentuan:
    1. Jemaah/peserta ibadah mayoritas warga setempat; dan
    2. Pelaksanaan kegiatan di rumah ibadah tingkat padukuhan, desa, dan
  3. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tingkat Kabupaten menerbitkan surat keterangan (lampiran 3), dengan ketentuan:
    1. Jemaah/peserta ibadah banyak dari luar warga setempat
    2. Pelaksanaan kegiatan di rumah ibadah tingkat kabupaten dan kategori khusus; dan
  4. Dalam hal rumah ibadah tidak memiliki tingkatan/jenjang, maka pengajuan dilakukan ke Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tingkat Kecamatan.
  5. Dalam menerbitkan surat keterangan, Ketua Gugus Tugas memperhatikan hasil pemetaan penyebaran COVID-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten
  6. Penerbitan surat keterangan akan ditinjau kembali sesuai dengan perkembangan keadaan.

Hari ini Selasa tanggal 23 Juni 2020 dilaksanakan Penyerahan Surat Keterangan bahwa kawasan/lingkungan rumah ibadah aman dari COVID-19 yang diajukan oleh pengurus Masjid Nurul Huda Potrojayan Desa Madurejo Kecamatan Prambanan oleh Camat Prambanan Drs. Rasyid Ratnadi S, M.Si dengan disaksikan dari Kemenag/KUA Kecamatan Prambanan dan Dukuh Potrojayan Madurejo.

Penyerahan Surat Keterangan Majid Hurul Huda Potrojayan oleh Camat Prambanan kepada Pengurus Masjid

Tim Covid-19 Kecamatan Prambanan di Masjid Nurul Huda

Untuk Surat Edaran Bupati tentang  Panduan Permohonan Surat Keterangan Rumah lbadah yang Aman COVID-19 di Masa Pandemi dan surat permohonan dapat di download pada file dibawah ini :

SE peribadahan fix

lampiran I SE Peribadahan

lampiran II SE Peribadahan

lampiran III SE Peribadahan