Kantor Camat Prambanan – Menindaklanjuti hasil rapat koordinas lintas sektoral kecamatan agar seluruh institusi membentuk Pos Binaan Terpadu (POSBINDU). Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat/institusi  melalui pembinaan terpadu. Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta perangkatt pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

“Kesehatan merupakan rejeki tak ternilai yang tidak bisa ditukar dengan materi, walupun kita kaya, harta melimpah tetapi kalau tidak sehat maka semua itu menjadi tidak bernilai untuk itu maka mulai sekarang marilah kita selalu menjaga kesehatan dan dengan Posbindu ini kita agar selalu aktif memonitor kesehatan kita rutin setiap bulannya” sambutan Camat Prambanan dalam Launching Posbindu “Bugar” (Bersama untuk Cegah penyakit Degeneratif) Kecamatan, Prambanan, Kamis (13/2/2020).

Dalam kesempatan itu juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Prambanan Bpk. Toto Suharto “Kita mempunyai dua nikmat yang selalu dilupakan yaitu nikmat sehat dan waktu luang, agar hal ini selalu kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dengan di Launching nya Posbindu “Bugar” Kecamatan hal ini dapat bermanfaat bagi seluruh elemen kecamatan, karyawan kecamatan, PKH, KKBPK, BKAD Kecamatan dan anggota Koramil untuk selalu mengecek kesehatannya dengan rutin”.

Pelaksanaan Launching Posbindu “Bugar” Kecamatan  ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Camat prambanan Bpk. Drs Rasyid Ratnadi Sosiawan, M.Si kepada Ketua Posbindu Kecamatan yaitu Sekcam Prambanan.

pemotongan tumpeng menandai launching Posbindu “Bugar” Kecamatan

Selain pemotongan tumpeng juga dilaksanakan penyerahan buku administrasi kesehatan anggota Posbindu oleh Puskemas Prambanan kepada Ketua Posbindu ‘Bugar” Kecamatan dan acara diikuti oleh seluruh karyawam-karyawati kecamatan, anggota Koramil Prambanan, Puskesmas Prambanan, PKH (Program Keluara Harapan) Prambanan, BKAD (Badan Kerja Sama Antar Desa) Prambanan dan Penyuluh KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Kecamatan Prambanan.

Pelaksanaan Launching berjalan dengan lancar dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh anggoota Posbindu Kecamatan oleh tim kesehatan Posbindu yang didampingi karyawan Puskesmas Prambanan.

apeserta launching menerima arahan kepala Puskesmas Prambanan

pemeriksaan kesehatan kepada seluruh anggota Posbindu