• Alamat: JL. Raya Solo Km 17 Kranggan Bokoharjo
  • Phone: 0274 496388
  • Email: kecprambanan@slemankab.go.id

Menuju Arsip Desa yang Aman, Rapi, Selektif, Informatif dan sebagai Penyimpan Ingatan

Menuju Arsip Desa yang Aman, Rapi, Selektif, Informatif dan sebagai Penyimpan Ingatan
Berita

Menuju Arsip Desa yang Aman, Rapi, Selektif, Informatif dan sebagai Penyimpan Ingatan

"Agar dapat menuju arsip desa yang aman, rapi, selektif, informatif dan sebagai penyimpan ingatan, diperlukan kesadaran semua pejabat maupun perangkat desa supaya sadar P3D (Pembiayaan, menyiapkan Prasana dan Sarana, mengajukan atau mengangkat Pesonal di bidang kearsipan, serta menDokumentasikan seluruh kegiatan) untuk komitmen di bidang keasipan," demikian disampaikan Puji Astuti, sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten dalam acara Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan Desa yang diselenggarakan oleh Kecamatan Prambanan pada Kamis, (14/03) di Aula Kecamatan Prambanan.

Sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur TU dan staf desa yang menangani arsip di desa se-Kecamatan Prambanan.

Menurut Puji Astuti, kunci keberhasilan pengelolaan kearsipan adalah cepatnya penemuan kembali ketika arsip dicari untuk dipergunakan. Untuk itu setiap tahapan dari  proses penciptaan hingga penyusutan harus sesuai urutan. Arsip harus mencakupaspek ALFRED ialah Administrasi, Legalitas, Financial (keuangan), Research (penelitian), Edukasi (pendidikan), dan Dokumentasi.

Acara Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan Desa berlangsung dengan cukup menarik dan peserta antusias dalam mengikuti kegiatan hingga kegiatan berakhir. Acara diakhiri dengan pengalaman mengelola arsip dari masing-masing desa dan tanya jawab. (by admin).