Candi Banyunibo

Candi Banyunibo merupakan candi budha yang secara administratif terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Bangunan Canid Banyunibo ini letaknya tidak jauh dari candi-candi lain seperti Candi Barong, Candi Ijo, dan Kompleks Ratu Boko. Arti nama candi ini yaitu banyunibo yang berarti air jatuh-menetes (dalam bahasa Jawa) walaupun di candi ini tidak ada tetesan air ataupun sumber air di sekitar candi.

Bagian utama Candi Banyunibo ini menghadap barat dan letaknya di antara ladang tebu & persawahan. Di sekitar candi tersebut juga terdapat 6 buah candi perwira/candi pendamping. Candi tersebut berbentuk stupa yang berada di sebelah selatan dan sebelah timur candi utama.

Candi ini memiliki sisi candi yang menarik dibandingkan candi-candi yang ada di Yogyakarta. Dulu warga sekitar sering memanggil candi ini dengan sebutan “Si Sebatang Kara Banyunibo”. Sebutan tersebut muncul karena letak Candi Banyunibo terpisah dengan candi-candi lainnya. Jika anda melihat dari arah yang jauh candi ini terlihat sangat kokoh dan lengkap, tetapi jika anda sudah melihatnya dari dekat candi ini sangat kecil dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Pada pintu masuk candi terdapat singa di sebelah kanan dan kirinya, singa tersebut sebagai lambang penjaga candi.