Hati-hati terhadap penipuan melalui SMS yang memberikan hadiah, pengiriman uang, pulsa dan lain-lain............. created by aikon_rie

Tupoksi

Di publikasikan pada No Comments

Camat mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan pemerintahan yang di limpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan lainnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Camat menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, meliputi :

  1. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2. mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  3. mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang- undangan;
  4. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  5. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  6. membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan; dan
  7. melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan.

 

Camat mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program kerja Camat;
  2. pelaksanaan koordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban , penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan, pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum, dan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  3. pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan di wilayahnya;
  4. pelaksanaan pelayanan masyarakat dan pemberian perijinan yang menjadi ruang lingkup kewenangannya.
  5. perumusan rekomendasi sesuai ruang lingkup kewenangannya;
  6. pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sesuai ruang lingkup kewenangannya;
  7. pelaksanaan fasilitasi penyelenggaraan Pemilu, Pilkada, Pilkades serta fasilitasi penyelenggaraan kegiatan lain sesuai ruang lingkup kewenangannya; dan
  8. pelaksanaan tugas dan kewenangan lain yang di limpahkan oleh Bupati.

Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program kerja kesekretariatan kecamatan;
  2. pelaksanaan koordinasi kegiatan pemerintahan kecamatan dengan instansi terkait;
  3. pelaksanaan pelayanan administrasi bidang umum, kepegawaian dan keuangan;
  4. pelaksanaan urusan rumah tangga dan perlengkapan; pengelolaan ketatausahaan dan ketatalaksanaan;
  5. pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan kecamatan; dan
  6. pelakasanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya

Uraian Tugas Jabatan Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan evaluasi terdiri dari :

  1. menyusun program kerja dan rencana kegiatan pengelolaan administrasi keuangan;
  2. melaksanakan kegiatan pengelolaan administrasi keuangan;
  1. melaksanakan penyusunan anggaran untuk pembiayaan dan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan kecamatan berdasarkan kebijakan camat dan atas petunjuk Sekretaris Kecamatan;
  2. melaksanakan kegiatan perbendaharaan keuangan kecamatan;
  3. melaksanakan kegiatan verifikasi keuangan kecamatan;
  4. melaksanakan kegiatan pembukuan keuangan kecamatan;
  5. melaksanakan koordinasi antar Sub Bagian dan Seksi di lingkungan kantor kecamatan untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  1. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangan kecamatan;
  2. melaksanakan penyiapan bahan pertanggungjawaban keuangan kecamatan;
  3. melaksanakan penyimpanan arsip dan dokumen penting, arsip yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan;
  4. melaksanakan pembayaran gaji pegawai, tunjangan dan kesejahteraan pegawai di lingkungan kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. melaksanakan pengawasan pembukuan keuangan sesuai sistem akuntansi keuangan;
  6. melaksanakan pembayaran rekening listrik kantor, rumah dinas camat, telephon dan pembayaran langganan air minum (leideng ) kantor sesuai kebijakan Camat;
  7. melaksanakan pelaporan kegiatan Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan evaluasi;
  8. memberikan penilaian kepada staf dengan DP.3;
  9.  menyusun laporan keuangan, yang terdiri dari realisasi anggaran, penyusunan neraca, arus kas dan catatan atas hasil laporan keuangan penyelenggaraan pemerintah kecamatan;
  10. menyusun penetapan indikator kinerja kegiatan; melaksanakan penyimpanan dokumen penting milik pemerintah kecamatan;menyiapkan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Laporan Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) sebagai pertanggungjawaban kinerja aparatur sesuai dengan visi, misi dan tujuan organisasi ; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian Tugas Jabatan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian terdiri dari :

  1. menyusun program kerja dan rencana kegiatan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  2. melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  3. melaksanakan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan, dan pemeliharaan data dan kartu kepegawaian;
  4. melaksanakan penyiapan dan pengusulan pegawai yang akan pensiun, peninjauan masa kerja dan usulan pemberian penghargaan;
  5. melaksanakan penyiapan bahan kenaikan pangkat, DP3, DUK, kenaikan gaji berkala dan peningkatan kesejahteraan pegawai;
  6. melaksanakan koordinasi antar Sub Bagian dan Seksi di lingkungan kantor kecamatan;
  7. melaksanakan usulan Karpeg, Kartu Askes (HI), Kartu Taspen, Karis/Karsu, ijin belajar, ijin penggunaan gelar kesarjanaan, ujian dinas, ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah, pengujian kesehatan untuk pengangkatan menjadi PNS, cuti dan pemberhentian pegawai;
  8. menyiapkan bahan pegawai untuk mengikuti pendidikan atau pelatihan teknis dan fungsional;
  9. menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian;
  10. melaksanakan penyiapan pembinaan disiplin pegawaii;
  11. melaksanakan penghimpunan peraturan perundangan di bidang kepegawaian;
  12. menyiapkan bahan pembinaan terhadap kelompok jabatan fungsional di lingkungan kecamatan;
  13. melaksanakan pelaporan kegiatan Sub Bagian Kepegawaian;
  14. mengumpulkan dan mengolah data untuk penyusunan program dan kegiatan kecamatan, serta mengkompilasikan dan mendokumentasikan hasil perencanaan unit kerja di lingkungan kecamatan;
  15. melaksanakan penyiapan konsep laporan, dan laporan pertanggungjawaban;
  16. melaksanakan penerimaan, pendistribusian, dan pengiriman surat-surat;
  17. melaksanakan pengelolaan kearsipan dan perpustakaan kantor kecamatan;
  18. melaksanakan urusan keprotokolan, hubungan masyarakat, penyiapan sound system, meja, kursi mebelair dan alat-alat untuk penyelenggaraan rapat-rapat dinas dan kelengkapan untuk pelaksanaan apel dan upacara bendera;
  19. melaksanakan koordinasi antar Sub Bagian dan Seksi di lingkungan kantor kecamatan;
  20. melaksanakan urusan rumah tangga kecamatan, menjaga kebersihan, di lingkungan kantor kecamatan;melaksanakan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana kantor, kendaraan dinas, perlengkapan kantor dan aset lainnya;
  21. melaksanakan penyusunan buku inventaris terhadap barang inventaris milik pemerintah kecamatan yang meliputi mobil dinas, kendaraan dinas, gedung kantor, rumah dinas, tanah, musholla, mebelair, sarana dan prasarana ;
  22. melaksanakan penyiapan bahan pengelolaan administrasi perlengkapan dan perbekalan;
  23. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi  Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program kerja Seksi Tata Pemerintahan;
  2. penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi, dan sinkronisasi perencanaan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan, serta penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan
  3. penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi dan pengawasan pelaksanaan administrasi desa dan/atau kelurahan;

 

 

 

 

 

  1. penyiapan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala Desa dan/atau Lurah, serta perangkat desa dan/atau kelurahan;
  2. penyiapan bahan pembinaan terhadap Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RW dan RT;
  3. penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
  4. fasilitasi pemungutan pajak daerah, retribusi daerah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta pendapatan daerah lainnya;
  5. fasilitasi pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah;
  6. penyiapan bahan pembinaan di bidang pertanahan dan pengelolaan kekayaan desa/kelurahan; dan
  7. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya; 

Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai fungsi :

 

  1. penyusunan program dan kegiatan pembinaan pemberdayaan masyarakat dan desa;
  2. pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja kecamatan;
  3. evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta;
  4. penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan desa di wilayah kerja kecamatan;
  5. inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang pemberdayaan masyarakat dan desa;
  6. pembinaan terhadap perkembangan perekonomian desa;
  7. pembinaan gerakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan; dan
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban mempunyai fungsi :

 

  1. penyusunan program kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban;
  2. penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang ketentraman dan ketertiban;
  3. penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang ketenteraman dan ketertiban;
  4. penyelenggaraan kegiatan bidang ketentraman dan ketertiban;
  5. pelaksanaan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang
  6. tugas dan fungsinya di bidang penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  7. pembinaan anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Hansip);
  8. penyiapan bahan pertimbangan dan memberikan rekomendasi ijin;
  9. penyiapan bahan penyusunan program dan pembinaan ideologi negara, kesatuan bangsa, dan organisasi kemasyarakatan; dan
  10. pelaporan pelaksanaan tugas bidang ketenteraman dan ketertiban; dan
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Kesejahteraan Masyarakat mempunyai fungsi :

 

  1. penyusunan program kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat;
  2. pelaksanaan pembinaan pelayanan bantuan sosial, pembinaan kepemudaan, olah raga dan kepramukaan;
  3. penyiapan bahan penyusunan program pembinaan teknis tentang pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga;
  4. penyiapan bahan penyusunan program bimbingan kesejahteraan sosial;
  5. penyiapan bahan penyusunan program pembinaan kehidupan umat beragama;
  6. penyiapan bahan penyusunan program pembinaan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan bencana alam;
  7. pengelolaan administrasi keluarga miskin;
  8. penyiapan bahan pembinaan ketenagakerjaan dan transmigrasi; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya

Seksi Pelayanan Umum mempunyai fungsi :

 

  1. penyusunan program kerja Seksi Pelayanan Umum;
  2. penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan pelayanan di bidang pelayanan umum dan administrasi kependudukan;
  3. pelaksanaan pelayanan umum dan administrasi kependudukan;
  4. pelayanan administrasi surat-menyurat yang dibutuhkan masyarakat;
  5. pembinaan administrasi kependudukan desa dan kelurahan; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Tanggapan atau Komentar anda?

Copyright Pemerintah Kabupaten Sleman © 2014 All Rights Reserved
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Kecamatan Prambanan.
Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.
Total Reads:27709|Total Visitor:18717|User Online:0